SMK NEGERI 1 WANAREJA

Jl. Srikaya, Kec. Wanareja, Kab. Cilacap
Telp: (0280)6260233



Wawancara Kerja, Ini Yang Perlu Dilakukan

Diposting pada: 2016-06-10, oleh : smkn 1 wanareja, Kategori: Tanpa Kategori

ANDA yang sudah terbiasa dengan proses wawancara pekerjaan mungkin sudah memiliki tips dan trik sendiri agar bisa melalui proses tersebut dengan mudah dan mengakhirinya dengan kesuksesan. Meski demikian, banyak juga pencari kerja yang merasa kesulitan menghadapi sesi interview dengan perusahaan.

Artikel satu ini diharapkan bisa membantu Anda yang sudah berpengalaman dan memberikan masukan serta saran yang tepat bagi Anda pencari kerja yang baru saja mulai menjalani proses wawancara.

1. Tonjolkan kekuatan

 Yang perlu diperhatikan adalah ketika wawancara berlangsung selalu tunjukkan sikap tegas, berani dan tentunya penuh percaya diri. Jangan takut untuk membuat kesalahan dan hadapi semua pertanyaan yang ada sejujur dan sebenarnya, tanpa menambah-nambahkan atau melebih-lebihkan kenyataan.

2. Pantang menyerah

Saat wawancara berlangsung, terkadang pihak HR atau user akan menanyakan pertanyaan yang berat dan terbilang sulit untuk dijawab. Jika hal tersebut terjadi, jangan menyerah dan putus asa, berikan jawaban sebaik-baiknya dan terima semua risiko atas jawaban tersebut. Anggaplah semua proses berat saat wawancara tersebut sebagai pelajaran yang dapat dikoreksi di wawancara lainnya.

3. Tunjukkan minat Anda

 Ketika hendak menjalani proses wawancara pekerjaan, pastikan Anda memiliki kepercayaan diri dan harapan tinggi akan mendapatkan pekerjaan yang diincar. Tunjukkan minat Anda kepada user dan pihak HR sebesar mungkin dan pastikan Anda mampu menjadi pekerja yang fokus, rajin dan siap untuk mengerjakan semua tugas yang ada.

4. Siapkan pertanyaan

 Di akhir wawancara, biasanya pihak HR atau user akan bertanya kepada Anda jika ada yang ingin diketahui lebih lanjut. Agar pertanyaan Anda terlihat baik dan lugas, persiapkan terlebih dahulu pertanyaan yang ingin Anda lontarkan, agar tidak memberikan kesan terlalu tergesa-gesa dan tidak fokus.

5. Ucapkan rasa terima kasih

 Anda merupakan kandidat yang beruntung terpilih oleh perusahaan untuk bertemu dan mendapatkan peluang sebagai kandidat mengisi posisi yang tersedia. Untuk itu usai wawancara ungkapkan rasa terima kasih secara langsung kepada pihak HR dan user, kemudian sebagai susulan, kirimkan e-mail sebagai rasa terima kasih lanjutan atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

ppdb 2017

E-Learning